Anak Didik Mulyo Kembali Membungkam Publik

Penulis: Christison Sondang Pane

Anak Didik Mulyo Kembali Membungkam Publik

Taufik Hidayat (kiri) saat menjadi juara di Olimpiade Athena 2004 dan Kidambi Srikanth (kanan) ketika menjuarai Australia Open bersama Mulyo Handoyo (Badminton Planet)

Jumat, 30 Juni 2017 | 11:34

Analisadaily – Nama Taufik Hidayat di dunia bulutangkis tidak akan tersohor begitu saja tanpa ada upaya kerja keras dari sendiri, dukungan serta didikan dari orang lain, termasuk pelatih.

Mulyo Handoyo, salah satu sosok yang berpengaruh menghantarkannya dari podium ke podium kejuaraan di olahraga tersebut.

Tercatat, di bawah asuhanya, Taufik sukses merebut emas Olimpiade 2004, Kejuaraan Dunia 2005, medali emas Asian Games 2006 dan dua emas SEA Games (1999 dan 2007).

Tidak dapat dinafikkan. Emas, jika diletakkan di mana saja tetap berharga, demikian juga Mulyo Handoyo. Mantan pelatih Taufik Hidayat itu kini menjadi idola setelah berhasil membawa anak didiknya, Kidambi Srikanth naik podium dua kali berturut-turut di turnamen Super Series.

Setelah menandatangani kontrak bersama Asosiasi Bulutangkis India awal 2017, dia berhasil menukangi Kidambi sehingga mengejutkan dan membungkam publik usai menjadi jawara di Indonesia dan Australia Open hanya dalam dua pekan.

Padahal, di dua kompetisi bergengsi tersebut, tunggal putra India itu tidak begitu diperhitungkan untuk meraih trofi. Karena masih ada nama-nama besar lainnya, termasuk Lee Chong Wei, Lin Dan serta Chen Long.

Dalam hal ini, Mulyo tidak mengesampingkan, permainan yang ditampilkan Kidambi dinilainya mirip dengan gaya superstar Indonesia, Taufik Hidayat. “Di India, pemain dengan gaya yang hampir sama dengan Taufik adalah Kidambi. Di setiap laga, serba sama,” kata Mulyo.

“Kidambi memiliki kemampuan untuk mengalahkan siapa pun di tingkat bulutangkis tertinggi, tapi dia harus bekerja lebih keras lagi dan lebih fokus untuk mengembangkan mental juara.”

Dilansir dari Badminton Planet, Jumat (30/6), Kidambi tidak dapat menutup peran besar sang manajer sehingga dia dengan jujur mengatakan sangat menghormati Mulyo Handoyo. “Sumbangannya pada saya luar biasa. Dia membuat sebuah tempat khusus di hati saya,” kata Kidambi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar