Ashley Cole Pensiun Sebagai Pemain Sepakbola

Penulis: Eka Azwin Lubis

Ashley Cole Pensiun Sebagai Pemain Sepakbola

Ashley Cole (Give Me Sport)

Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:42

Analisadaily - Ashley Cole mengumumkan pensiun sebagai pemain sepakbola profesional setelah dua dekade malang melintang bersama sejumlah klub.

Bek kiri berusia 38 tahun itu memulai karier di Arsenal pada tahun 1999. Bersama The Gunners dia mencatat 156 penampilan serta memenangkan dua gelar Liga Premier dan tiga Piala FA.

Cole menjadi benteng tangguh di lini belakang Arsenal, termasuk ketika mereka tidak terkalahkan dalam 49 laga pada akhir musim 2002/03 sampai musim 2003/04.

Namun pada tahun 2006 Cole membuat keputusan kontroversial dengan menyeberang ke Chelsea. Meski mendapat cibiran dari banyak orang terutama fans Arsenal, namun di Chelsea dia justru merengkuh lebih banyak gelar bergengsi.

Bersama The Blues, Cole memenangkan gelar Liga Premier, empat Piala FA, serta Liga Europa dan Liga Champions.

Antara tahun 2001 sampai 2014, ia juga merupakan bagian penting dalam tim nasional Inggris dan berpartisipasi di tiga Piala Dunia. Total Cole memiliki 107 caps bersama The Three Lions.

Ashley Cole menjadi pemain keenam yang paling sering memperkuat timnas Inggris setelah Peter Shilton (125), Wayne Rooney (120), David Beckham (115), Steven Gerrard (114) dan Bobby Moore (108).

Cole kemudian meninggalkan tanah kelahirannya dan bergabung dengan AS Roma tahun 2014. Setelah dua musim berkiprah di Serie A, ia melanjutkan karier ke Negeri Paman Sam bersama LA Galaxy.

Namun pada bulan Januari lalu, Cole membuat kejutan dengan kembali ke Inggris. Dia memilih bergabung dengan Derby County yang saat itu dilatih mantan rekan satu timnya, Frank Lampard.

Informasi dari GiveMeSport, Minggu (18/8) menyebut, tugas singkat Cole bersama Derby sekaligus mengakhiri kariernya sebagai pemain sepakbola profesional.

Setelah 20 tahun bermain di lima klub dengan 702 penampilan dan meraih 16 trofi utama, hanya ada satu hal yang bisa diucapkan: Selamat pensiun, Ashley!

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar