Atlet Renang Sumut Mantapkan Persiapan di Pepapernas

Atlet Renang Sumut Mantapkan Persiapan di Pepapernas

Dua atlet renang Sumut Pepapernas 2017, M Ilham (kanan) dan Sofian W Lase (kiri), foto bersama dengan pelatih, Brian Howard (tengah).

(aa/rzp)

Jumat, 3 November 2017 | 11:10

Analisadaily (Medan) - Perenang difabel Sumatera Utara terus melakukan persiapan jelang berlaga di arena Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Pepapernas) 2017, yang berlangsung 7-14 November 2017 di GOR Manahan Solo, Jawa Tengah.

Pada Pepapernas 2017, cabor renang diperkuat tiga atlet, yakni Gabriella Stefani Pangestu (tuna rungu S/15 Pi), M Ilham (tuna rungu S/15 Pa), dan Sofian W Lase (S/11 Pi).

Dari ketiga nama tersebut, masih diperkuat Gabriella yang merupakan peraih medali perunggu di nomor 50 meter gaya kupu–kupu putri pada Pepapernas 2015.

Berbicara tentang peluang, pelatih renang Sumut, Brian Howard mengatakan, peluang memang lebih besar ada di kategori tuna netra, karena tidak semua provinsi akan mengirimkan atletnya di nomor tersebut.

Berbeda halnya di kategori tuna rungu yang justru diprediksi bakal menyajikan persaingan yang ketat. Begitupun, Gabriella ditargetkan bisa mempertahankan raihan dua tahun silam. Apalagi ia sudah memiliki pengalaman berlaga di even nasional.

“Memang untuk di tuna rungu sepertinya daerah lain cukup kuat juga. Tapi, di tuna netra kita ada kans medali melalui Gabriella. Mudah-mudahan Gabriella bisa pertahankan perunggu di nomor 50 meter kupu-kupu,” ucap Brian, di kolam renang Selayang, Medan, Jumat (3/11).

Meski cabor renang tidak ditargetkan khusus oleh Dispora Sumut untuk meraih medali, namun di satu sisi Brian tetap berusaha semaksimal mungkin agar seluruh atletnya bisa berprestasi.

“Saya sebagai pelatih juga punya target. Minimal torehan di Pepapernas tahun lalu bisa dipertahankan. Tapi dari awal saya punya target sendiri, atlet harus bisa dapat emas dengan melihat peluang besar di nomor tertentu,” jelas Brian.

“Apalagi progres Gabriella menunjukkan peningkatan tiap latihan. Sejak bergabung mulai akhir September lalu, tiap dua jam latihan dia bisa menempuh jarak 3 ribu meter. Sekarang meningkat menjadi 5 hingga 6 ribu meter. Begitu juga Sofian yang awalnya menempuh jarak seribu meter, setelah dua minggu dilatih sudah 3 ribu meter,” tandasnya.

Pada Pepapernas nanti, Gabriella akan turun di nomor 50 meter gaya kupu–kupu putri, 100 meter gaya bebas putri, serta antara 100 kupu–kupu atau 200 meter gaya bebas putri.

Kemudian Sofian berlomba di nomor 50 gaya dada putri, serta 50 dan 100 meter gaya bebas putri. Kemudian Ilham turun di nomor 50 meter gaya dada putra, serta 50 dan 100 meter gaya bebas putra.

(aa/rzp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar