Belanda Tantang AS di Final Piala Dunia Wanita

Penulis: Eka Azwin Lubis

Belanda Tantang AS di Final Piala Dunia Wanita

Jackie Groenen merayakan gol ke gawang Swedia (AFP)

Kamis, 4 Juli 2019 | 16:00

Analisadaily - Timnas Belanda berhasil melaju ke final Piala Dunia Wanita 2019 usai mengalahkan Swedia di babak semifinal melalui perpanjangan waktu, Kamis (4/7).

Satu gol yang diciptakan Jackie Groenen (99') sudah cukup bagi tim Orange mengamankan tempat di partai puncak untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sejak awal pertandingan kedua tim saling jual beli serangan. Sejumlah peluang berhasil diciptakan, namun tidak satu pun gol yang tercipta. Hingga waktu normal berakhir skor masih sama kuat 0-0.

Saat pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu, Groenen yang merupakan pemain Manchester United berhasil memecah kebuntuan timnya. Sontekannya tidak dapat dihalau penjaga gawang Swedia, Hedvig Lindahl.

Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut. Hingga babak tambahan usai, skor 1-0 tetap tidak berubah.

Di final Belanda akan menghadapi Amerika Serikat di Décines-Charpieu, Perancis, Minggu (7/6). Sedangkan Swedia akan memperebutkan posisi ketiga melawan Inggris sehari sebelumnya.

Ini menjadi kesempatan pertama bagi Belanda tampil di partai final. Sementara Amerika Serikat sudah lima kali melaju ke final, tiga diantaranya keluar sebagai juara.

Meski Negeri Paman Sam memegang predikat sebagai juara bertahan, namun kemampuan anak asuh Sarina Wiegman tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi mereka merupakan juara bertahan Piala Euro Wanita.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar