China Kembali Membawa Pulang Piala Sudirman

Penulis: Christison Sondang Pane

China Kembali Membawa Pulang Piala Sudirman

Pelatih China, Xue Xuanza mengangkat Piala Sudirman 2019 di Nanning, China (Bwfsudirmancup.Bwfbadminton)

Minggu, 26 Mei 2019 | 20:46

Analisadaily – Tim bulutangkis China, sukses membawa kembali pulang Piala Sudirman 2019 setelah mengalahkan pesaing kuatnya, Jepang di partai final turnamen bergengsi itu di Nanning, Minggu (26/5).

Pada pertandingan itu, pasukan Negeri Tirai Bambu menang dengan skor 3-0. Kemenangan pertama di raih Li Jun Hui/Liu Yuchen karena mengalahkan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, 21-18 dan 21-10.

Dilaga kedua, pertemuan tunggal putri. Dari pertarungan ini, China juga menang lewat pebulutangkis mudanya, Chen Yufei yang mampu mengalahkan Akane Yamaguchi usai bertarung tiga game, 17-21, 21-16 dan 21-17.

Berharap mampu mengejar ketertinggalan di game ketiga, Jepang justru kalah, karena Kento Momota tidak bisa menghentikan langkah tunggal putra China, Shi Yuqi.

Bermain selama 69 menit, Shi Yuqi akhirnya berhasil memastikan emas buat timnya dan sekaligus merebut trofi dari juara bertahan, Korea Selatan pada 2017.

Dilansir dari Bwfsudirmancup.Bwfbadminton, Pelatih Jepang, Park Joo Bong mengatakan, Yamaguchi tidak mampu mengubah keunggulannya atas Yufei, dan begitu juga dengan Momota yang sudah kelelahan.

“Yamaguchi sempat memimpin 11-6, tapi tidak bisa melanjutkannya. Itu kesalahan besar. Kento bermain bagus di game pertama, namun melambat di game kedua. Ia selalu tampil baik, kecuali yang pertama dan dia tidak pulih. Ia juga mencoba mempercepat permainan, tapi tidak bisa,” ujar Bong.

Pelatih China, Xia Xuanze mengungkapkan, tim telah belajar banyak dari kekalahan terakhir, termasuk di Korea dan telah mempersiapkan kembali.

“Kami sudah bersiap untuk setiap scenario. Itu di luar dugaan kami, bahwa kami akan menang 3-0. Setelah final Piala Sudirman terakhir, kami mempelajari kelemahan dan kekuatan kami. Kami memperoleh banyak pengelaman dan itu membawa kesuksesan hari ini,” tutur Xuanze.

Atas keberhasilan ini, maka China memastikan meraih 11 kemenangan dari 13 partai final yang sudah dilalui.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar