Dampak Positif Menyaksikan Pertandingan Sepakbola

Penulis: Eka Azwin Lubis

Dampak Positif Menyaksikan Pertandingan Sepakbola

llustrasi

Rabu, 14 Agustus 2019 | 09:40

Analisadaily - Ada sebagian pihak yang memiliki persepsi bahwa terlalu banyak menonton sepakbola bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Bahkan seorang tifosi sepakbola kerap mengalami dilema ketika akhir pekan ada dua atau lebih big match pada hari yang sama. Pada akhirnya ada rasa cemas dan bimbang dalam memilih pertandingan mana yang akan disaksikan.

Saat berada di tribun untuk menyaksikan pertandingan sepakbola, banyak orang yang mengalami telapak tangan berkeringat, saraf dan mual.

Namun dampak negatif ketika terlalu banyak menonton sepakbola ternyata hanya mitos belaka. Setidaknya itulah yang dibuktikan oleh Departemen Biomedis Universitas Leeds, Inggris.

Studi ilmiah yang mereka lakukan justru mendapatkan fakta bahwa menonton sepakbola baik untuk kesehatan manusia.

Para peneliti menganalisis 25 fans berat Leeds United yang berusia antara 20 sampai 62 tahun. Mereka dimonitor secara fisiologis dan psikologis selama menyaksikan pertandingan untuk mengetahui tiga faktor utama, yakni denyut jantung, tekanan darah dan suasana hati.

Peserta mengenakan monitor detak jantung sepanjang pertandingan, sementara tekanan darah diperiksa pada interval yang berbeda.

Selain itu mereka juga diberikan survei mengenai suasana hati dan diwawancarai setiap usai pertandingan untuk mengetahui analisis psikologis.

Lalu apa yang ditemukan dalam penelitian ini?

Hasil penelitian menemukan bahwa peningkatan denyut jantung sepanjang pertandingan menyebabkan 'stres positif', mirip dengan yang dirasakan seseorang ketika menjalani latihan kardiovaskular moderat.

Artinya, menonton sepakbola dapat memberi manfaat kesehatan yang positif.

Kemudian saat Leeds United menang, tekanan darah setiap penggemar akan menurun. Hal ini memberi manfaat kesehatan tersendiri.

Dalam hal psikologis, masing-masing peserta berada dalam suasana hati yang positif setidaknya selama 24 jam pasca kemenangan.

Kesimpulannya jika ada seseorang yang memberi tahu Anda agar berhenti menonton sepakbola, arahkan mereka agar melihat hasil penelitian ini.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar