Del Piero: Sepak Bola Indonesia Punya Potensi Besar

Del Piero: Sepak Bola Indonesia Punya Potensi Besar

Mantan bintang Juventus, Alessandro Del Piero, saat memberi coaching clinic, talent scouting, fun football di Kota Medan, Kamis (17/5)

(rzp/csp)

Kamis, 17 Mei 2018 | 21:27

Analisadaily (Medan) - Mantan bintang Juventus, Alessandro Del Piero, sepak bola Indonesia memiliki potensi besar dan dukungan suporter yang sangat luar biasa.

"Saya pernah merasakannya saat datang ke Jakarta bersama Calcio Legend," kata Del Piero saat temu pers di JW Marriot Hotel Medan, Jalan Putri Hijau, Kamis (17/5).

Ia berharap selama dua hari di Medan dapat belajar tentang masyarakat di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini. Apalagi, ia tidak menyangka sambutan para penggenarnya di Medan sangat luar biasa.

"Selama 25 tahun saya di sepak bola. Banyak fans, dan ada yang jauh di Indonesia, dan Medan, saya sangat berterima kasih," ucapnya.

Untuk kemajuan sepak bola Indonesia, Del Piero memberi masukan. Menurutnya, coaching clinic yang diberi para pemain senior kepada anak-anak muda, serta program-program pengembangan bakat sangat penting.

"Agar menginspirasi bibit-bibit muda untuk lebih bekerja keras meraih mimpinya menjadi pemain sepak bola profesional," ujarnya.

Del Piero yang turut membawa Italia juara Piala Dunia juga menyarankan agar sepak bola di Indonesia berkolaborasi. Hal ini agar sepak bola Indonesia lebih berkembang dan dikenal dunia.

Di akhir kariernya, Del Piero memulai program kolaborasi pihak asing dan lokal. Selama 2 tahun di Australia banyak sukses yang diperoleh, dan di India, Del Piero ikut memulai Liga Super India, dan para pemain di sana bisa mengembangkan bakat, serta pencari bakat bisa melihat.

"Kolaborasi pihak lokal dan asing perlu untuk memajukan sepak bola Indonesia," ungkapnya.

Inisitor kedatangan Del Piero ke Medan, yang juga Presiden Klub Pro Duta, Sihar Sitorus mengatakan, kepedulian dan sikap saling asah, asih, asuh sangat penting. Bagi Sihar, Del Piero sudah mencontohkan.

"Dia menginspirasi banyak pihak untuk memberi perhatian lebih kepada anak-anak untuk mewujudkan cita-cita. Apa yang dilakukan Del Piero bisa kita jadikan pelajaran untuk Indonesia, Sumatera Utara Khususnya," terang Sihar.

Sihar adalah salah satu tokoh yang peduli dengan kemajuan sepak bola di Sumut. Selain membangun Pro Duta FC, Sihar pernah menjadi CEO PSMS Medan 2008-2009, dan juga pernah menjabat Exco PSSI.

Mengenai Del Piero, ini pertama baginya menapakan kakinya di Medan. Selama di Medan, Del Piero mencari pemain berbakat untuk dibina menjadi pemain profesional di Belgia.

Tak hanya itu, Del Piero yang akrab dipanggil Ale itu juga akan menjalani rangkaian kegiatan di Medan hingga Jumat (18/5). Mulai dari coaching clinic, talent scouting, fun football, meet and greet, dan fund raising for Sinabung.

Pemain yang turut mengantarkan Italia juara Piala Dunia 2006 itu juga akan terlibat langsung dalam Meet and Great sekaligus pengumpulan dana (fund rising) untuk korban Sinabung.

Alessandro Del Piero mendapat sambutan dari para pendukung saat tiba di Kota Medan

Alessandro Del Piero mendapat sambutan dari para pendukung saat tiba di Kota Medan

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar