Dukungan Pep Guardiola Untuk Perjuangan Catalunya

Penulis: Eka Azwin Lubis

Dukungan Pep Guardiola Untuk Perjuangan Catalunya

Pep Guardiola mengenakan pita kuning (the guardian)

Senin, 26 Februari 2018 | 08:44

"Sebelum menjadi manajer sepakbola, saya adalah manusia dan ini untuk kemanusiaan"

Pep Guardiola

Analisadaily - Ada hal menarik dalam laga final Piala Liga Inggris antara Manchester City melawan Arsenal di Stadion Wembley, Minggu (25/2). Pep Guardiola tetap mengenakan pita kuning sebagai bentuk dukungannya terhadap perjuangan rakyat Catalunya.

Pelatih berusia 47 tahun itu berani menantang aturan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) yang melarang nuansa politik dibawa ke dalam lapangan sepakbola. Guardiola mengenakan pita di dada kirinya untuk mendukung politisi Catalan yang dipenjara oleh pemerintah Spanyol.

Guardiola mengaku akan tetap mengenakan pita kuning sekalipun muncul larangan dari FA untuk memakainya di Inggris. Dia tidak peduli dan akan terus melakukannya di luar Inggris.

"Mereka (FA) tahu saya akan memakainya selalu. Saya bisa memakainya di tempat lain. UEFA punya pendapat lain. Mereka (UEFA) bilang, Anda bisa memakainya sepanjang itu dengan rasa hormat. Di sini (Inggris) berbeda rupanya," ujar Guardiola, dilansir dari The Guardian, Senin (26/2).

"Saya memiliki empati untuk orang-orang yang tidak memiliki kebebasan, orang-orang di Spanyol yang dipenjara. Mereka belum terbukti bersalah. Siapa pun bisa berada dalam situasi itu. Sebelum menjadi manajer sepakbola, saya adalah manusia dan ini untuk kemanusiaan," tegasnya.

"Ada empat orang yang ada di penjara, mereka tidak memiliki senjata. Mereka hanya bersuara dalam pemungutan suara. Saya tegaskan, (pita) ini selalu bersama saya dan selalu sampai yang terakhir. Saya akan menerima apapun yang mereka (FA) putuskan tentang perilaku saya. Ini bukan kurangnya rasa hormat, ini bagian dari kemanusiaan," tukasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar