Enam Wakil Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Kedua

Enam Wakil Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Kedua

Jonatan Christie (Ist)

(rel/rzd)

Rabu, 17 Juli 2019 | 11:02

Analisadaily - Pada babak pertama Blibli Indonesia Open 2019 part of HSBC BWF World Tour Super 1000, tim merah putih sukses mengirim enam wakil ke babak selanjutnya, yaitu Kevin/Marcus, Tiara Rosalia Nuraidah/Nadya Melati, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Jonatan berhasil mengalahkan wakil Denmark, Rasmus Gemke dengan dua game langsung 21-17 dan 24-22 dalam waktu 58 menit. Para penonton Istora yang mendukung penuh Jonatan sempat dibuat khawatir, ketika Jonatan tertinggal 18-20 di game kedua.

Namun dengan penuh keyakinan, Jonatan berhasil bangkit dan mengejar ketertinggalan hingga akhirnya balik unggul 24-22 sekaligus menutup pertandingan tadi dengan kemenangan. Diakui peraih medali emas Asian Games 2018 itu, ada dua kunci kemenangan atas Gemke di pertandingan tadi.

"Puji Tuhan saya bisa melewati babak pertama dengan berjuang keras karena lawan bermain bagus. Saya sering tertinggal di perolehan angka dan ketinggalan 18-20. Ada beberapa catatan yang saya ambil, pertama angin kencang, bolanya cukup berat, mungkin kena angin jadi berat. Fokus saya bukan ke angin atau cara main lawan, tapi bagaimana saya bisa keluar dari tekanan itu," ungkap Jonatan, Selasa (17/7).

Selain itu, Jonatan mengaku berusaha mengakhiri pertandingan hingga game kedua, karena tak ingin tenaganya terkuras jika harus bertanding sampai game ketiga. Ditambah lagi, ia pun khawatir Gemke semakin percaya diri jika terjadi rubber game.

"Saya berusaha untuk mengakhiri game kedua, karena jika terjadi sampai game ketiga pastinya tenaga saya bakal terkuras dan kemungkinan Gemke bisa lebih percaya diri, jadi saya tadi habis-habisan di game kedua," tambah Jonatan.

Selanjutnya Jonatan akan bertemu dengan wakil Denmark lainnya, Hans Kristian Vittinghus. Menghadapi lawan yang lebih senior, Jonatan tetap mengaku waspada.

"Vittinghus lebih banyak pengalaman dan lebih ulet. Pertahanannya juga lebih rapat. Yang pasti dengan dukungan suporter, saya berharap hasilnya akan baik," pungkas Jonatan.

Tak lama berselang, Anthony mampu menyusul Jonatan ke babak kedua, usai menundukkan wakil Tiongkok, Lu Guangzu. Berbeda dengan Jonatan, Anthony harus lebih bekerja keras untuk bisa melaju. Pasalnya, ia harus melakoni pertarungan selama tiga game lebih dulu, hingga akhirnya memastikan kemenangannya dengan skor 20-22, 23-21, 21-18 dalam waktu 78 menit.

"Saya memang sudah mewaspadai lawan, dia beberapa kali mengalahkan Tommy Sugiarto, walaupun di pertemuan terakhir kalah dari Tommy Sugiarto. Dengan dikirim Tiongkok ke turnamen besar seperti ini, berarti ada yang spesial dari dia dan dia calon penerus generasi tunggal putra Tiongkok," ucapnya.

"Dia pemain yang ulet, tidak mudah melakukan kesalahan sendiri dan tidak mudah dimatikan. Saya sudah siap capek dan siap susah di lapangan," tambah  Anthony.

Di pertandingan lain, ganda putra unggulan pertama pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil mengalahkan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko dengan 20-22, 21-16, dan 21-14. Ganda putri Indonesia, Tiara Rosalia Nuraidah/Nadya Melati berhasil mengalahkan wakil Australia, Setyana Mapasa/ Gronya Somerville dengan 21-15 22-20.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil mengalahkan wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/ Yukiko Takahata dengan 21-15 21-16, dan tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung berhasil mengalahkan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong dengan 21-10 21-8.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar