Era Yongbo Berakhir, Tiongkok Pilih Pembina Baru

Penulis: Christison Sondang Pane

Era Yongbo Berakhir, Tiongkok Pilih Pembina Baru

Li Yongbo sedang mengangkat piala (All England Badminton)

Sabtu, 20 Mei 2017 | 17:49

Analisadaily – Karir gemilang Li Yongbo bersama anak asuhnya kini sudah berakhir setelah dirinya menyatakan mudur dari kuris pelatih beberapa waktu lalu. Namun tidak lama setelah itu, Asosiasi Bulutangkis Tiongkok langsung memilih pembina baru.

Sebelumnya, Yongbo punya peran yang vital mengharumkan Negeri Tirai Bambu di dunia bulutangkis. Pasalnya sejak resmi melatih tahun 1992, dia sudah mempersembahkan 18 emas Olimpiade untuk Tiongkok.

Tidak puas dengan itu, Li Yongbo membawa anak didiknya meraih sepuluh Piala Sudirman serta sembilan Piala Uber dan lima kemenangan Thomas Cup. Keberhasilan yang tidak dapat dilupakan ketika pasukannya sukses memborong lima emas di Olimpiade London 20102.

Dilansir dari All England Badminton, Sabtu (20/5), namun dini dia digantikan mantan juara dunia, Xia Xuanze dan peraih medali emas Olimpiade, Zhang Nun. Kedua pelatih ini masing-masing akan bertanggung untuk pembinaan di nomor tunggal dan ganda.

Mereka juga akan bergabung dengan penampilan baru bintang ganda putra, Wang Wei yang akan memimpin pengembangan tim. Sedangkan mantan wakil pelatih kepala, Tian Bingyi dan Xie Zhongbo menjadi konsulta.

“Xia, Zhang dan Wang didedikasikan untuk pengembangan tim nasional. Mereka semua adalah mantan pemain top dunia. Mereka sudah mengenal para pemain, lawan utama dan tren perkembangan bulutangkis dunia. Dan mereka punya kemampuan memimpin tim nasional untuk menyelesaikan misi di Olimpiade Tokyo 2020,” kata pernyataan.

Selama karirnya, Zhang mengukir namanya menjadi salah satu pebulutangkis tersohor di dunia terutama di negerinya karena kesuksesannya di dua Olimpiade, 2000 dan 2004. Di sana dia mampu meraih dua medali di nomor ganda bersama Gao Ling.

Kemitraannya juga kian bersinar usai meraih tiga gelar All England Championships. Dengan demikian, tantangan pertama pelatih baru itu adalah mempersiapkan timnya untuk bersaing di Sudirman Cup yang digelar di Gold Coast Australia akhir bulan Mei 2017.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar