FIFA Berencana Ganti Hakim Garis Dengan Robot

Penulis: Eka Azwin Lubis

FIFA Berencana Ganti Hakim Garis Dengan Robot

Seorang wasit sedang melihat rekaman VAR (Give Me Sport)

Minggu, 25 Agustus 2019 | 20:30

Analisadaily - Sepertinya setiap akhir pekan para pecinta Liga Premier Inggris akan disibukkan dengan perdebatan mengenai VAR yang mulai diterapkan di kompetisi paling elite tersebut.

VAR mulai dipakai di Liga Inggris musim 2019/20. Namun di tiga pekan awal sudah banyak perdebatan mengenai teknologi tersebut.

Salah satu aspek paling kontroversial berkaitan dengan offside. Gol Raheem Sterling ke gawang West Ham harus dianulir karena terjebak offside setelah wasit melihat rekaman VAR.

Tentu penerapan teknologi ini dikeluhkan para pecinta sepakbola karena dianggap merusak spontanitas di atas lapangan.

Meski demikian, FIFA justru mengeluarkan wacana akan mengganti hakim garis dan asisten wasit dengan robot jika penggunaan teknologi VAR mengalami kesuksesan.

"FIFA sudah memiliki departemen untuk meneliti bidang-bidang yang tepat ini," kata seorang sumber, dilansir dari GiveMeSport, Minggu (25/8).

"Apakah mereka akan mengganti asisten wasit dengan kamera dan komputer? Itu bisa terjadi suatu hari nanti," sambung sumber tersebut.

Anda bisa bayangkan bagaimana perasaan orang-orang yang selama ini anti dengan penggunaan VAR ketika robot mengangkat bendera offside yang menyangkal gol kemenangan tim mereka.

Untungnya teknologi tersebut tidak akan digunakan dalam waktu dekat karena FIFA masih memantau keberhasilan penggunaan VAR di seluruh dunia.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar