FIFA Selidiki Transfer Mangala ke City

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

FIFA Selidiki Transfer Mangala ke City

Eliaquim Mangala (Berbagai Sumber)

Rabu, 14 Oktober 2015 | 20:54

Analisadaily - Transfer Eliaquim Mangala dari FC Porto ke Manchester City musim panas tahun lalu diklaim bermasalah oleh FIFA. Maka dari itu, FIFA memutuskan untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran yang terjadi atas transfer tersebut.

Diperkirakan pelanggaran itu terkait dengan adanya kepemilikan pihak ketiga dalam transfer bek berusia 24 tahun tersebut ke City.

Mangala hijrah ke Etihad Stadium dengan harga fantastis hingga 53 juta Euro pada bursa transfer musim panas 2014. Hal itu membuatnya menjadi bek termahal kedua dalam sejarah sepak bola dunia setelah David Luiz ketika PSG merekrutnya dari Chelsea.

Menurut Mirror, Rabu (12/10), Porto diklaim hanya menerima 30 juta Euro sedangkan pihak ketiga (Doyen Sports dan Robi Plus) menerima 23 juta Euro.

Hal itulah yang kemudian membuat FIFA menyelidiki kasus transfer Mangala karena sebelumnya sudah ada larangan praktik kepemilikan pihak ketiga dalam sepak bola.

Jika terbukti, FIFA akan menjatuhkan hukuman berupa denda ataupun larangan transfer kepada Porto. Sementara Mangala dan City dipastikan aman dari segala jenis hukuman FIFA karena dianggap tidak terlibat dalam pelanggaran tersebut.

Kepemilikan pihak ketiga untuk pemain dianggap lumrah di Portugal dan Doyen Sports merupakan salah satu perusahaan yang sering melakukan hal tersebut.

Selain Mangala, Doyen Sports juga diindikasi memiliki hak milik atas Marcos Rojo saat masih berkostum Sporting Lisbon. Namun sejauh ini belum diketahui apakah proses transfer Rojo ke Manchester United juga bermasalah seperti Mangala.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar