Guardiola Minta Eropa dan Inggris Bantu Selesaikan Situasi Catalan

Penulis: Christison Sondang Pane

Guardiola Minta Eropa dan Inggris Bantu Selesaikan Situasi Catalan

Pelatih Mancester City, Pep Guardiola (Marca)

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 09:46

Analisadaily - Pep Guardiola menyerukan perlunya diskusi damai di tengah krisis politik Catalan. Ia sebelumnya membuat pernyataan dengan mengecam hukuman penjara panjang untuk sembilan pemimpin politik Catalan yang terlibat referendum kemerdekaan Catalan 2017.

"Saya tidak tahu persis apa yang akan terjadi di negara saya, Catalonia, betapa luar biasa orang-orang bekerja dengan damai dari seluruh Catalonia dan Barcelona untuk memberikan dukungan kepada tujuh tahanan politik dan dua aktivis sosial yang telah dipenjara lebih dari 100 tahun bersama-sama," kata Guardiola kepada pers pada hari Jumat, (18/10).

"Jadi saya pikir jika orang tidak yakin itu tidak adil, jutaan dan jutaan orang tidak akan bekerja di kota besar di Catalonia ini karena memberikan dukungan kepada orang-orang ini, untuk orang-orang buangan yang tidak bisa kembali ke rumah. Pernyataan yang saya tulis meminta orang-orang dari Catalonia untuk hanya duduk dan berbicara,” sambungnya.

"Saya pikir komunitas internasional harus membantu kami untuk menyelesaikan konflik dari Catalonia-Spanyol dan satu-satunya solusi adalah seseorang, mediator di luar untuk membantu kami duduk dan berbicara. Situasi ini telah tiba. Kadang-kadang luar biasa memikirkannya,” ujarnya.

“Saya punya teman pribadi yang [akan] menghabiskan sembilan tahun di penjara karena memilih. Apa yang mereka minta adalah mencoba memilih. Semoga Eropa membuat langkah maju dan membantu kami. Hasilnya adalah konflik,” ucap pelatih Manchester City ini.

Dilansir dari Marca, Sabtu (19/10), Guardiola menegaskan, seluruh Eropa dan Inggris harus membantu menyelesaikan situasi di Catalonia.

"Saya kira begitu, jujur. Biasanya, semua orang melihat situasi mereka sendiri, orang-orang melihat pergi ke kanan dan ke kiri. Kita perlu Eropa untuk menyelesaikan konflik ini. Jika Catalonia membutuhkanku, mereka bisa mengandalkanku, untuk membela hak asasi manusia,” tegasnya.

Buntut konflik ketegangan di Catalonia berakibat pada laga El Clasico, yang akhirnya ditunda.

"Itu terjadi karena pasti ada sesuatu yang mereka khawatirkan. Jujur, aku tidak tahu alasan mengapa itu telah ditunda," ujarnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar