Ijeck: Porprovsu 2019 Sangat Penting Bagi Regenerasi dan Pembinaan Atlet

Ijeck: Porprovsu 2019 Sangat Penting Bagi Regenerasi dan Pembinaan Atlet

Penutupan Poprovsu 2019 (Istimewa)

(rel/rzd)

Minggu, 30 Juni 2019 | 10:41

Analisadaily (Medan) - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck mengatakan, event olahraga yang digelar secara rutin setiap tahun seperti Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2019 sangat penting untuk regenerasi dan pembinaan atlet.

Hal tersebut disampaikan Ijeck usai menjadi inspektur upacara penutupan Porprovsu 2019, di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar (Pancing) Medan, Sabtu (29/6). Porprovsu yang diikuti para atlet dari 30 kabupaten/kota tersebut dimulai 22 Juni hingga 29 Juni 2019.

“Event olahraga seperti Porprovsu 2019 ini sangat penting bagi regenerasi dan pembinaan atlet. Kita harapkan dengan event olahraga yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya akan ada regenerasi atlet, penambahan atlet dan juga penambahan perolehan medali,” ucapnya.

Dikatakannya, atlet yang memperoleh juara pada event ini merupakan persiapan Sumut untuk mengikuti even-even nasional yang lebih besar dimasa mendatang. Untuk lebih meningkatkan semangat para atlet Wagub mengatakan akan membangun sarana olahraga yang bertaraf internsional.

“Pemprov Sumut akan membangun kawasan sport centre yang bertaraf internasional sebagai persiapan Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON XXI tahun 2024 dan juga untuk menambah semangat para atlet untuk terus berlatih guna meraih prestasi,” sebutnya.

Kepada pemerintah kabupaten/kota, Ijeck juga meminta untuk terus membina cabang olahraga unggulan di masing-masing daerah, sesuai dengan karakteristik, kondisi alam, dan ditunjang dengan adanya tenaga keolahragaan yang kompeten.

“Selain pembinaan cabang olahraga lainnya,” ujarnya.

Kepada para atlet Pelatda Sumut, Ijeck berpesan untuk terus berlatih untuk meraih prestasi pada setiap event olahraga menuju PON XX/2020 di Papua. “Berlatihlah dan tanamkan dalam lubuk hatimu yang paling dalam, bahwa aku harus berprestasi untuk Sumatera Utara yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, Porprovsu 2019 diikuti peserta dari 30 kabupaten/kota dengan jumlah 1.941 orang. “Dilaksanakan mulai 22-29 Juni 2019 dengan memperebutkan 226 medali,” ujarnya.

Pada Porprovsu tahun ini, lanjutnya Kota Medan meraih rangking pertama dalam perolehan medali. Diikuti Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kota Binjai dan Kota Tebingtinggi yang masuk dalam lima besar.

“Kota Medan meraih 67 emas, 51 perak dan 50 perunggu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian pada kesempatan itu mengharapkan kepada para atlet yang meraih kemenangan tidak berpuas diri. Dia berharap raihan ini merupakan awal dan menjadi semangat untuk lebih giat lagi berlatih guna mengikuti event-event nasional yang lebih besar lagi ke depan.

“Terus tingkatkan kualitas diri, intensitas latihan. Dan yang terpenting komitmen dari diri sendiri. Agar para atlet bisa berprestasi,” sebut Bahar.

Hal senada juga disampaikan Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani, bahwa raihan prestasi yang diperoleh Kota Medan pada Porprovsu 2019 ini bukan untuk berpuas diri, karena masih ada yang harus dikejar pada event-event yang lebih besar lainnya.

“Prestasi yang diraih Medan ini harus tetap dipertahankan karena masih banyak tangga-tangga lainnya yang akan diikuti, khususnya untuk PON 2024 Sumatera Utara sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Wagub Sumut Musa Rajekshah pada kesempatan itu memberikan tropi kepada lima besar peraih medali Porprovsu 2019 didamping Forkopimda, Ketua KONI Sumut, Kadispora Sumut dan Ketua KONI kabupaten/kota.

Wagub Sumut Musa Rajekshah pada kesempatan itu memberikan tropi kepada lima besar peraih medali Porprovsu 2019 didamping Forkopimda, Ketua KONI Sumut, Kadispora Sumut dan Ketua KONI kabupaten/kota.

(rel/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar