Indonesia Menang di Laga Perdana Piala AFF U-18

Penulis: Eka Azwin Lubis

Indonesia Menang di Laga Perdana Piala AFF U-18

Pemain timnas Indonesia U-18 merayakan gol ke gawang Myanmar (Kompas)
 

Selasa, 5 September 2017 | 20:57

Analisadaily - Timnas Indonesia U-18 sukses meraih kemenangan pada laga perdana babak penyisihan grup Piala AFF U-18 2017 atas Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (5/9) malam.

Diperkuat sejumlah pemain yang ikut dalam Sea Games 2017 seperti Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam, pasukan Garuda Muda tampil dominan sejak awal laga. Beberapa kali umpan terobosan dari sisi kanan mengancam gawang tuan rumah.

Namun keasyikan menyerang, gawang Muhammad Riyandi justru kebobolan melalui tendangan Myat Kaung Khant (28') yang memanfaatkan serangan balik. Skor 1-0 untuk keunggulan Myanmar bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, anak asuh Indra Sjafri kembali mendominasi pertandingan. Beberapa kali tendangan langsung yang dilepaskan oleh Muhammad Luthfi Kamal dan Feby Eka Putra masih mampu dihalau oleh penjaga gawang tuan rumah, Htet Wai Yan Soe.

Sementara Myanmar hampir tidak memiliki peluang karena kedisiplinan barisan belakang Indonesia yang dikomandoi sang kapten, Rachmat Irianto.

Untuk memecah kebuntuan, Indra Sjafri memasukkan pemain jebolan Valencia junior, Samuel Christianson Simanjuntak.

Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan melalui tandukan Egy Maulana Vikri (71') yang memanfaatkan bola pantulan mistar hasil tendangan Rifad Marasabessy. Setelah menyamakan kedudukan, pasukan Merah Putih semakin tampil beringas.

Hasilnya, memasuki masa injury time, Indonesia kembali menambah keunggulan setelah Egy Maulana Vikri membuktikan kapasitas sebagai 'Messi-nya Indonesia'. Liukan dari luar kotak penalti yang diselesaikan dengan tendangan plesing, menghujam sisi kanan gawang Myanmar (93').

Indonesia berbalik unggul 2-1 dan tidak berubah hingga pertandingan bubar. Selanjutnya, Egy cs akan menghadapi Filipina di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9) pukul 18.00 WIB.

Untuk sementara Indonesia menduduki peringkat dua klasemen Grup B berkat satu kemenangan dari satu pertandingan. Sementara puncak klasemen sementara dihuni Brunei Darussalam yang mengalahkan Filipina 3-2.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar