Jelang Asian Para Games, 19 Atlet Sumut Dipanggil Pelatnas

Jelang Asian Para Games, 19 Atlet Sumut Dipanggil Pelatnas

Atlet difabel yang berlaga di Kejurnas beberapa waktu lalu

(aa/eal)

Kamis, 11 Januari 2018 | 21:35

Analisadaily (Medan) - 19 atlet difabel Sumatera Utara dipanggil oleh Pengurus Pusat National Paralympic Committee (NPC) Indonesia untuk mengikuti program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas).

Pelatnas merupakan persiapan bagi atlet untuk mewakili Indonesia berlaga di Asian Para Games (APG) 2018 di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Jumlah tersebut merupakan utusan dari delapan cabang olahraga yakni atletik, renang, catur, judo, angkat berat, balap sepeda, voli duduk dan tenis meja.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting mengatakan, jumlah tersebut melebihi target awal pihaknya yang hanya menargetkan 10 atlet dipanggil ke Pelatnas.

"Sudah keluar SK dari NPC Pusat untuk mereka. Hal ini pencapaian luar biasa, bahkan di luar prediksi awal kita. Target hanya 10 orang, tapi Alhamdulillah 19 orang yang dipanggil," ucap Alan di Medan, Kamis (11/1).

Menurutnya, dari ke-19 atlet tersebut, tujuh merupakan atlet yang baru pertama kali bergabung ke Pelatnas. Sehingga seluruh atlet diharapkan mampu memberikan kejutan dan tentunya menyumbang medali emas.

"Selama sembilan bulan di Pelatnas, tentu harapan kita mereka dapat emas di APG. Saya sampaikan ke semua atlet, Sumut harus bisa buat kejutan di level internasional. Kalau selama ini cuma dapat perak atau perunggu, mudah-mudahan nanti dapat emas," harapnya.

Namun dikatakan Alan, atlet yang dipanggil ke Pelatnas tidak otomatis bisa berlaga di APG. Sebab, NPC Pusat masih memberlakukan sistem promosi dan degradasi bagi atlet yang tidak mengalami kemajuan selama Pelatnas.

"Ini merupakan pemanggilan tahap pertama. Nanti di Maret atau April akan dites kembali seluruh atlet ini. Zona degradasi masih tetap diberlakukan. Hal ini juga membuat kesempatan atlet lain yang belum masuk ke Pelatnas bisa dipanggil nantinya," bebernya.

Lebih lanjut menambahkan, jika nantinya atlet Sumut tampil di APG 2018, diharapkan dapat meraih medali sebanyak-banyaknya demi memperbaiki peringkat Indonesia yang hanya mampu duduk di peringkat 9 pada APG Incheon 2014 lalu.

"Kita ingin seluruh atlet bisa berkontribusi banyak untuk Indonesia. Apalagi Pak Jokowi targetkan Indonesia masuk 5 besar. Maka kita ingin atlet Sumut bisa membantu Indonesia mewujudkan itu," pungkasnya.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar