Ketua IOC Yakin Brasil Bisa Atasi Masalah Akomodasi

Penulis: Reza Perdana

Ketua IOC Yakin Brasil Bisa Atasi Masalah Akomodasi

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach memberikan pernyataan dalam konferensi pers di Lausanne, Swiss, Rabu (2/3/2016).

Kamis, 28 Juli 2016 | 13:30

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyatakan yakin bahwa Brasil dapat menggelar Olimpiade yang "fantastis" dan menyelesaikan masalah akomodasi yang sempat mengakibatkan sejumlah kontingen menolak tinggal di perkampungan atlet.

Bach yang tiba di Rio de Janeiro, Rabu, mengatakan setiap kota penyelenggara Olimpiade pasti mengalami permasalahan pada menit-menit terakhir menjelang dimulainya pesta olahraga sejagat itu.

Kekurangsiapan Rio de Janeiro sempat terkuak pada Minggu lalu ketika kontingen Australia menyatakan tidak ingin tinggal di perkampungan atlet karena "kurang aman dan kurang siap", seperti saluran air yang bocor, WC mampet dan banyak kabel-kabel tanpa pengaman.

Kontingen Argentina juga menolak tinggal di perkampungan atlet, sedangkan Italia dan Selandia Baru menyatakan bahwa mereka terpaksa memanggil tukang untuk memperbaiki fasilitas ruangan apartemen, setelah panitia mengakui bahwa blok apartemen itu diserahterimakan tanpa uji kelayakan air dan listrik.

"Pada beberapa hari menjelang dimulainya Olimpiade biasanya ada masalah yang harus diselesaikan. Panitia di Brasil akan dapat mengatasi hal ini," kata Bach.

"Kita sudah bisa merasakan energi Olimpiade di sini... kita selalu yakin di Brasil akan ada Olimpiade yang fantastis," katanya.

Wali Kota Rio de Janeiro Eduardo Paes mengerahkan ratusan pekerja di kompleks perkampungan atlet agar semua masalah pada 31 blok gedung apartemen itu dapat diselesaikan akhir pekan ini.

Kontingen Australia secara bertahap mulai kembali ke perkampungan atlet Rabu.

Dengan menunjukkan niat baik, Paes secara simbolis menyerahkan "kunci kota Rio de Janeiro" kepada ketua kontingen Australia Kitty Chiller.

Paes secara bergurau juga mengatakan bahwa ia bisa saja memberikan delegasi Australia seekor kanguru di perkampungan atlet agar mereka merasa di negeri sendiri, demikian Reuters.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar