Konsep Mobil Formula E Terungkap

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Christison Sondang Pane

Konsep Mobil Formula E Terungkap

Tampak depan dari konsep chassis baru Formula E musim 2018-19 (Crash)

Minggu, 12 Februari 2017 | 22:39

Analisadaily – Selain Formula 1, saat ini ada kompetisi balapan mobil serupa yang tanpa menggunakan bahan bakar atau menggunakan tenaga listrik yang disebut Formula E.

Itu adalah kompetisi resmi yang diselenggarakan oleh federasi ototmotif dunia, FIA. Kompetisi itu pertama kali dihelat pada 2014 lalu dan saat ini kompetisi itu telah memasuki musim ketiga, 2016-2017.

Namun, jauh-jauh hari FIA telah melakukan tender untuk merancang konsep atau chassis dari mobil balap terbaru Formula E untuk musim kelima pada 2018-2019 dan tander itu dimenangkan oleh Spark Racing Technology.

Tampak atas dari konsep chassis baru Formula E musim 2018-19. (Crash)

Tampak atas dari konsep chassis baru Formula E musim 2018-19. (Crash)

Spark, yang dimiliki oleh mantan kepala tim F1 Renault, Frederic Vasseur, juga mengembangkan mobil pertama Formula E, bekerja sama dengan Dallara, Renault, Williams Advanced Engineering dan McLaren Electronic System.

Belum lama ini, Spark menerbitkan konsep awal pertama untuk generasi mobil terbaru Formula E tersebut. Konsep baru yang disebut SRT05e itu diklaim lebih minimalis dan tentunya jauh lebih kuat.

“SRT05e merupakan kemajuan besar dalam dunia balap elektrik. Untuk meningkatkan performa, Insyiur Spark mencoba mengambil keuntungan dari empat musim kejuaran Formula E. Mobil baru ini dilengkapi dengan desain yang futuristic dan jauh lebih kuat. Mobil ini harus dua kali lebih baik dari model yang ada saat ini,” bunyi pernyataan Spark, seperti dilansir dari Crash, Minggu (12/2).

Tampak belakang dari konsep chassis baru Formula E musim 2018-19. (Crash)

Tampak belakang dari konsep chassis baru Formula E musim 2018-19. (Crash)

"Keselamatan dan inovasi merupakan penggerak utama dari proyek ini. Kami akan merancang chassis baru, termasuk teknologi baterai yang akan lebih berat.”

“Dalam rangka untuk mendapatkan 10 persen berat, kita bekerja menggunakan material baru sehingga mobil dapat lebih efisien dan kami juga harus fokus pada perkembangan baru untuk menjaga pembalap tetap aman," pungkasnya.

Rencananya, rincian lebih lanjut dari proyek chassis baru itu diharapkan akan dikonfirmasi ke seluruh tim kontestan akhir pekan depan di acara Formula E di Buenos Aires, Argentina.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar