Laga Persahabatan: Brasil Tekuk Prancis 3-1

Penulis: Reza Perdana

Laga Persahabatan: Brasil Tekuk Prancis 3-1

Penyerang Timnas Brasil Neymar (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI )

Jumat, 27 Maret 2015 | 06:42

Paris (ANTARA News) - Finis mempesona dari kapten Neymar mengantarkan Brasil berbalik menang 3-1 melawan Prancis dalam laga persahabatan di Paris, Jumat dini hari tadi. Brasil tidak terkalahkan sejak Carlos Dunga menangani lagi timnas.

Bek Real Madrid Raphael Varane membuka gol lewat sundulan dalam laga yang berlangsung di Stade de France itu, namun disamakan Oscar pada akhir babak pertama.

Penyerang Barcelona Neymar lalu datang mengontrol bola hasil umpan Willian untuk dia golkan dari jarak enam yard pada menit 57 guna membuat tim tamu berbalik unggul. Sundulan Luiz Gustavo memastikan kemenangan Brasil pada pertengahan babak kedua.

Brasil kini memenangi tujuh laga persahabatan berturut-turut setelah ditangani Dunga menyusul kekalahan menyakitkan dari Jerman dan Belanda yang membuat kampanye mereka pada Piala Dunia di negerinya sendiri setahun silam berakhir dengan bencana.

Bagi Dunga kemenangan ini terasa manis karena menjadi pembalasan saat pada Piala Dunia 1998 di Prancis, Brasil yang saat itu dikapteni Dunga kalah 0-3 pada laga final.  Sebaliknya saat itu Didier Deschamps yang kini pelatih timnas Prancis, menjadi kapten Les Bleus dalam kejayaan 17 tahun silam itu.

"Kami dihukum karena kesalahan-kesalahan kami.  Kendati Piala Dunia masih menjadi trauma untuk mereka, mereka masih punya para pemain yang amat sangat bagus dan mereka mampu mencapai semifinal," kata Deschamps kepada televisi TF1 usai pertandingan.

Laga persahabatan ini istimewa, bukan saja karena menghadapkan kembali Deschamps dan Dunga yang kini masing-masing melatih timnas, namun juga hadirnya para mantan pemain timnas Prancis yang memenangkan Piala Dunia 1998.

Mereka adalah Marcel Desailly, Patrick Vieira, Thierry Henry dan Zinedine Zidane.  Mereka disambut dan diperkenalkan ke stadion oleh Presiden Prancis Francois Hollande.

Dalam laga ini, Prancis tanpa diperkuat penjaga gawang Hugo Lloris dan duo gelandang Yohan Cabaye dan Paul Pogba karena cedera.

Prancis tak terkalahkan sejak kalah pada perempat final Piala Dunia tahun lalu melawan Jerman, dan tidak pernah kalah dalam laga persahabatan sejak kalah 0-3 dari Brasil pada Juni 2013, demikian AFP.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar