Langgar Aturan, FIFA Jatuhkan Sanksi Kepada Chelsea

Penulis: Christison Sondang Pane

Langgar Aturan, FIFA Jatuhkan Sanksi Kepada Chelsea

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, saat menyaksikan anak asuhnya bertanding (Marca)

Jumat, 22 Februari 2019 | 20:59

Analisadaily – Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA menjatuhkan sanksi kepada Chelsea setelah melanggar aturan pada pasal 18 dan 19 yang berisi tentang transfer pemain di bawah umur 18 tahun.

Akibatnya, salah satu tim raksasa Premier League ini dilarang membeli pemain selama dua musim transfer atau sampai tahun 2020. Tidak hanya itu, Chelsea juga didenda sebesar 600.000 Franc Swiss.

“Perlindungan anak di bawah umur adalah elemen kunci dalam keseluruhan kerangka kerja FIFA, termasuk transfer pemain dan penegakan aturan-aturan ini adalah yang terpenting. Seperti yang dikonfirmasi diberbagai kesempatan oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga,” bunyi pernyataan FIFA.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan, manajemen klub mengajukan banding, karena membantah semua temuan komite disiplin FIFA yang dilakukan selama tiga tahun.

“Chelsea dengan tegas membantah temuan komite disiplin FIFA dan karenanya akan mengajukan banding atas keputusan itu. Klub ingin menekankan, mereka menghormati pekerjaan penting yang dilaksanakan federasi sehubungan dengan perlindungan anak di bawah umur dan sepenuhnya bekerja sama dengan FIFA selama penyelidikan,” isi pernyataan.

FIFA menyebutkan, awalnya, Chelsea didakwa berdasarkan Pasal 19.1 dan 19.3 sehubungan 92 pemain.

“FIFA telah menerima tidak ada pelanggaran dalam kaitannya dengan 63 pemain, tetapi klub sangat kecewa karena FIFA belum menerima pengajuan klub sehubungan dengan 29 pemain yang tersisa. Chelsea bertindak sesuai dengan aturan terkait dan akan segera mengajukan banding ke FIFA,” lanjut pernyataan.

Dilansir dari Marca, Jumat (22/2), Federasi Sepakbola Inggris atau FA juga didenda dengan badan pemerintahan Inggris untuk membayar 510.000 Franc Swiss.

Pernyataan lainnya, termasuk pemain masih bisa meninggalkan klub, sedangkan tim futsal dan wanita masih bisa merekrut pemain baru.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar