Liga Champions, Atletico Kalahkan PSV 8-7 Lewat Adu Pinalti

Penulis: Eka Azwin Lubis

Liga Champions, Atletico Kalahkan PSV 8-7 Lewat Adu Pinalti

Atletico Madrid Yannick Carrasco merayakan gol saat Spanyol pertandingan divisi sepakbola pertama mereka melawan Real Sociedad di Anoeta stadion di San Sebastian, Spanyol utara, 18 Oktober 2015. (REUTERS / Vincent Barat)

Rabu, 16 Maret 2016 | 06:33

Madrid (ANTARA News) - Wakil Spanyol Atletico Madrid berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions usai melewati PSV Eindhoven dengan kemenangan adu penalti berkedudukan 8-7 di laga kedua babak 16 besar di Stadion Vicente Calderon, Spanyol, Rabu dini hari WIB.

Pertandingan harus dilanjutkan hingga adu penalti setelah kedua tim sama-sama gagal mencetak gol saat waktu normal usai dan juga setelah babak tambahan 2x15 menit rampung.

Penyerang pengganti Luciano Narsingh menjadi satu-satunya dari 16 algojo adu penalti yang gagal menyarangkan bola dari titik putih, sehingga membuat PSV harus tersingkir dari Liga Champions.

Sementara Juanfran yang menjadi penendang kedelapan Atletico berhasil menunaikan tugasnya sekaligus mengantarkan timnya melaju ke babak perempat final Liga Champions.

Selain Juanfran, tujuh algojo lain yang sukses mengkonversikan bola dari titik putih adalah Antoine Griezmann, Gabi, Koke, Saul Niguez, Fernando Torres, Gimenez dan Filipe Luis.

Berkat hasil tersebut tim besutan Diego Simeone bergabung dengan Manchester City serta empat tim lain yang sudah lebih dulu memastikan tempat di perempat final yakni Real Madrid, VfL Wolfsburg, Benfica dan Paris Saint-Germain.

Kedua tim bermain cukup seimbang dengan penguasaan bola 52 persen untuk Atletico, namun tuan rumah tampil sangat agresif dengan melepaskan 26 kali percobaan tembakan ke gawang lawan yang sayangnya hanya tujuh di antaranya tepat sasaran.

Sementara PSV hanya melepaskan 10 kali percobaan tembakan dengan dua di antaranya menemui sasaran, agresivitas serangan yang terpaut jauh.

Griezmann beroleh kesempatan membawa Atletico unggul pada menit 15 menyambut umpan hasil kerja sama Juanfran dan Koke, namun tembakannya digagalkan penjaga gawang Jeroen Zoet dengan sempurna.

Pada menit 27 giliran PSV memperoleh kesempatan untuk membuka keunggulan, namun penjaga gawang Jan Oblak bereaksi cepat kala menghalau ympan silang Marco van Ginkel yang mengarah kepada rekannya Juergen Locadia yang berdiri bebas tanpa kawalan berarti.

Semenit jelang turun minum barisan pertahanan PSV melakukan halauan sempurna atas dua percobaan beruntun dari Griezmann dan Saul Niguez.

Masuknya Torres membuat Atletico kian leluasa menebar ancaman di hadapan gawang PSV, namun sejumlah peluang yang mereka miliki masih bisa digagalkan, termasuk saat Zoet menghalau bola tendangan keras Torres pada menit 86.

Di babak 2x15 menit, tak banyak peluang berbahaya tercipta bagi kedua tim sebelum akhirnya mereka harus mengadu nasib dalam drama adu penalti.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut seturut laman resmi UEFA.

Atletico Madrid (4-1-4-1): Jan Oblak (PG); Juanfran, Gimenez, Diego Godin (Lucas Hernandez), Filipe Luis; Augusto Fernandez (Fernando Torres); Saul Niguez, Gabi, Koke, Yannick Ferreira Carrasco (Matias Kranevitter); Antoine Griezmann
Pelatih: Diego Simeone

PSV Eindhoven (5-3-2): Jeroen Zoet (PG); Santiago Arias, Jeffrey Bruma, Nicolas Isimat-Mirin, Hector Moreno, Jetro Willems (Joshua Brenet); Davy Proepper, Andres Guardado, Marco van Ginkel; Luuk de Jong (Luciano Narsingh), Juergen Locadia (Maxime Lestienne)
Pelatih: Phillip Cocu

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar