Lulusan PPLP Diharapkan Mengabdi Minimal 3 Tahun Untuk Sumut

Lulusan PPLP Diharapkan Mengabdi Minimal 3 Tahun Untuk Sumut

Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis

(aa/eal)

Rabu, 24 Januari 2018 | 20:55

Analisadaily (Medan) - Selama ini atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara telah memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan prestasi olahraga Sumut di even nasional. Bahkan medali Sumut di PON 2016 banyak disumbang oleh atlet yang merupakan alumni PPLP.

"Harapan kita minimal 70% alumni PPLP Sumut bisa diproyeksikan untuk pembinaan olahraga menuju PON selanjutnya. Apalagi selama ini sebagian atlet Program Sunut Emas (PSE) binaan KONI Sumut juga asal usulnya dari PPLP," kata Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, saat pembukaan seleksi pelatih PPLP Sumut di Aula Disporasu, Jalan Willem Iskandar, Medan, Rabu (24/1).

John berharap, atlet yang telah lulus dari PPLP bisa dibina lebih lanjut atau bisa membela Sumut minimal tiga tahun sebagai wujud hasil pembinaan selama ini. Apalagi John menilai banyak alumni PPLP asal Sumut telah berhasil meraih prestasi bersama daerah lain.

"Artinya selama ini PPLP Sumut berhasil menciptakan atlet karena hampir semua lulusan dari sana membela daerah lain di tiap even nasional, makanya perlu ada aturan bahwa setelah dia tamat, harus membela Sumut minimal tiga tahun," imbaunya.

John menambahkan, pelatih yang layak membina atlet PPLP bukan sekadar memiliki program bagus, namun juga mampu dan siap mendidik para pelajar secara profesional, mengingat atlet binaan PPLP tahun ajaran baru 2018/2019 sebentar lagi akan masuk.

"Makanya kita berharap bagi calon pelatih bisa menciptakan atlet potensial dan meningkatkan prestasinya. Mudah -mudahan jika PON 2024 tuan rumahnya Sumut dan Aceh, dan mereka ini sudah bisa berlaga," tegas John.

Sementara ketua panitia seleksi, Rudi Rinaldi menjelaskan, seleksi calon pelatih PPLP Sumut tahun 2018 diikuti 38 pelatih dari 11 cabang olahraga yang dibina saat ini. Kesebelas cabang tersebut adalah atletik, renang, bola voli, sepakbola, pencak silat, gulat, karate, angkat besi, judo, taekwondo dan wushu.

"Mereka nantinya akan diproyeksikan untuk membina 120 atlet binaan PPLP Sumut. Adapun tim penilai terdiri dari Prof Agung Sunarno (KONI Sumut), Misnan (Unimed), dan psikolog," ucap Rudi.

(aa/eal)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar