Mantan Striker Inter Milan Selamatkan 542 Nyawa

Penulis: Christison Sondang Pane

Mantan Striker Inter Milan Selamatkan 542 Nyawa

Mantan striker Arsenal, Nwankwo Kanu (Reuters/Daily Mail)

Jumat, 14 September 2018 | 20:15

Analisadaily – Nama Nwankwo Kanu memang sudah lama tidak terdengar di jagat sepakbola. Terakhir dia bermain di salah satu klub Inggris, Portsmouth pada 2012. Namun bukan berarti dia menghentikan semua aktivitasnya.

Setelah meniti karir sejak 1992, mantan striker Inter Milan itu kini aktif dalam urusan kemanusiaan dengan mendirikan sebuah yayasan bernama The Kanu Heart Foundation di Negeria dan negara-negara Afrika lainnya.

Dilansir dari Football Italia, Jumat (14/9), Kanu menceritakan bagaimana usahanya membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu di Afrika. Hingga saat ini, Kanu menyebut, Heart Foundation sudah menyelamatkan 542 nyawa.

“Kami telah menyelamatkan 542 nyawa. Tapi kami akan terus melakukannya. Pekan ini empat pasien pergi ke Sudan dan kami sudah mendengar, operasi berhasil. Selanjutnya, ada enam akan pergi ke sana,” kata Kanu.

“Kami bermitra dengan rumah sakit, melakukan pemeriksaan, berbicara dengan orang tua, mendidik mereka dan pada saat yang sama kami membawa anak-anak ke lain untuk operasi.”

Ia juga menuturkan, tujuan yayasan untuk membangun rumah sakit jantung di Afrika, dan di mulai dari Nigeria. Ia menilai, itu membuat langkahnya jauh lebih mudah.

Kanu menyadari, ada yang lebih hidup daripada hanya untuk merasa nyaman sendiri, dan membuka diri untuk membantu orang lain.

“Saya tahu rasa sakit saat saya dewasa. Jadi bayangkan bagaimana rasanya untuk anak-anak. Sulit bagi mereka merasakan itu. Kami memiliki orang-orang yang meninggal saat bermain, ada Marc Vivien-Foe dan Cheik Tiote,” sambungnya.

Ia pun menyarankan agar klub-klub dan federasi sepakbola lebih serius memberikan check up kepada para pemain.

“Ini adalah sesuatu yang saya dorong dan sampaikan karena siapa tahu, saya mungkin salah satu dari meraka yang bermain sepakbol dan meninggal selama pemeriksaan medis di Inter Milan,” ujarnya.

Nwankwo Kanu memenangkan tiga gelar Eredivisie dan Liga Champions bersama Ajax Amsterdam, Piala UEFA dengan Inter dan dua trofi Premier League. Selanjutnya dia bermain bersama West Bromwich Albion dan Portsmouth.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar