Mendapat Perlakukan Rasis, Özil Pensiun Dari Timnas Jerman

Penulis: Eka Azwin Lubis

Mendapat Perlakukan Rasis, Özil Pensiun Dari Timnas Jerman

Mesut Özil (Macmadison)

Senin, 23 Juli 2018 | 10:17

"Saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional. Saya diperlakukan rasis dan tidak hormat"

Mesut Özil

Analisadaily - Mesut Özil mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional Jerman setelah mendapat tindakan rasisme dari para pejabat dan penggemar.

Kegagalan Jerman melangkah dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2018, membuat gelandang berusia 29 tahun itu menjadi sasaran kritik dari fans Der Panzer.

Selain itu, Özil juga disorot oleh Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB), media dan sejumlah politisi. Dia dituding bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bersama İlkay Gündoğan sebelum Piala Dunia berlangsung.

Menyikapi berbagai kritik dan tudingan tersebut, pemain kelahiran Gelsenkirchen itu langsung mengunggah tiga surat terbuka ke media sosial hari Minggu (22/7) kemarin. Dia menulis bantahan keras berbagai tudingan kepadanya, serta menyampaikan pengunduran diri dari timnas Jerman.

"Dengan berat hati dan setelah banyak pertimbangan karena peristiwa baru-baru ini, saya tidak akan lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional. Saya diperlakukan rasis dan tidak hormat," tulis Özil, dilansir dari SportsMole, Senin (23/7).

Surat pengunduran diri Ozil dari timnas Jerman

Surat pengunduran diri Mesut Özil dari timnas Jerman (Twitter)

"Saya dulu memakai seragam Jerman dengan kebanggaan dan kegembiraan, tetapi sekarang tidak. Keputusan ini sangat sulit dibuat karena saya selalu memberikan segalanya untuk rekan, staf pelatih dan semua orang Jerman," sesalnya.

"Tapi ketika pejabat tinggi DFB memperlakukan saya seperti itu, tidak menghormati darah Turki yang saya miliki dan secara egois menjadikan saya sebagai propaganda politik, maka cukup sudah. Itulah mengapa saya bermain sepakbola, saya tidak akan duduk diam dan tidak melakukan apa-apa. Rasisme seharusnya tidak pernah saya terima," tukas pemain Arsenal itu.

Sejauh ini Mesut Özil sudah tampil dalam 92 laga bersama timnas Jerman sejak debutnya pada tahun 2009. Selama itu dia mampu mencetak 23 gol dan membawa negaranya memenangkan Piala Dunia 2014.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar