Mochamad Iriawan 'Iwan Bule' Ketua Umum PSSI 2019-2023

Penulis: Reza Perdana

Mochamad Iriawan 'Iwan Bule' Ketua Umum PSSI 2019-2023

Mochamad Iriawan biasa disapa Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum PSSI 2019-2023 (pssi.org)

Minggu, 3 November 2019 | 20:20

Analisadaily - Mantan Kapolda Metro Jaya, Mochamad Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023. Iriawan atau biasa disapa Iwan Bule terpilih sebagai Ketum PSSI dalam agenda pemilihan pada Kongres Luar Biasa PSSI 2019.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Minggu (3/11), Iwan Bule mendapatkan dukungan 82 suara dari 85 voters. Pemungutan suara diikuti sebanyak 85 voters yang terdiri atas 18 klub liga 1, 15 klub Liga 2 (Persis Solo tidak ikut), 16 klub Liga 3, asosiasi sepak bola wanita dan federasi futsal.

Kongres Luar Biasa PSSI dibuka oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Hadir juga Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari, dan Ketua KONI, Marciano Norman.

Pasca terpilih, Iwan Bule mengucapkan terima kasih atas atensi , doa, dan dukungan yang diberikan. Dengan amanah yang diberikan, Iwan Bule akan mengabdi sebagai Ketum PSSI, dan berupaya membawa sepak bola Indonesia semakin maju.

“Apa yang menjadi harapan serta keinginan masyarakat Indonesia terhadap sepak bola, semoga lebih baik dapat terwujud,” katanya.

Usai pemilihan Ketua Umum, Kongres Luar Biasa PSSI dilanjutkan dengan pemilihan Wakil Ketua Umum (waketum) dan anggota Komite Eksekutif PSSI.

Wakil Ketua Umum PSSI

Dalam agenda tersebut, Iwan Budianto dan Cucu Soemantri terpilih sebagai Waketum PSSI periode 2019-2023. Keduanya memperoleh suara terbanyak dalam proses pemilihan yang berlangsung di Jakarta.

Cucu Soemantri, mantan Pangdam I/BB, memperoleh 81 suara. Iwan Budianto mendapat dukungan 74 suara. Keduanya mengalahkan Esti Pujiastuti (2 suara), Yesayas Oktavianus (2 suara), dan Hasnuryadi Sulaiman (2 suara). Hinca Panjaitan dan Djamal Aziz memperoleh 1 suara. Sementara 2 suara tidak sah.

Ketua Komite Pemilihan PSSI, Syarif Bastaman menjelaskan, sesuai statuta PSSI Pasal 42 ayat 8; Jika posisi Ketua Umum kosong sebagaimana yang diatur dalam pasal 38 ayat (9) Statuta PSSI dan masa jabatannya kurang dari 24 (dua puluh empat) bulan, maka Waketum paling lama melayani dan berpengalaman dalam sepak bola akan mewakili sebagai Pelaksana Tugas Ketua Umum sampai dengan Kongres PSSI selanjutnya. Kongres PSSI tersebut harus memilih Ketua Umum yang baru untuk periode jabatan yang tersisa.

“Maka, sesuai statuta posisi Waketum I akan dijabat Iwan Budianto. Waketum 2 dijabat Cucu Soemantri,” terangnya.

Susunan Komite Eksekutif PSSI periode 2019-2023:

Komite Eksekutif PSSI periode 2019-2023 (pssi.org)

Komite Eksekutif PSSI periode 2019-2023 (pssi.org)

Ketua Umum: Mochamad Iriawan

Wakil Ketua Umum 1:  Iwan Budianto

Wakil Ketua Umum 2: Cucu Soemantri

Anggota:

A.S Sukawijaya

Dirk Soplanit

Endri Erawan

Haruna Soemitro

Hasnuryadi Sulaiman

Pieter Tanuri

Sonhadji

Juni Rahman

Ahmad Riyadh

Yunus Nusi

Hasani Abdul Gani

Vivin Cahyani

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar