NPC Sumut Beri Kesempatan Atlet Pelapis di Kejurnas

NPC Sumut Beri Kesempatan Atlet Pelapis di Kejurnas

Para atlet NPC Sumut.

(aa/rzp)

Rabu, 22 November 2017 | 16:51

Analisadaily (Medan) - Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara akan diperkuat atlet pelapis kedua di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) lima cabang olahraga, di Bandung, Jawa Barat, 25-30 November 2017 mendatang.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih bagi atlet baru, sekaligus memperbanyak jam terbang mereka tampil di Kejurnas. Hal ini dikatakan Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, kepada Analisadaily.com, Rabu (22/11).

Alan menjelaskan, dengan diturunkannya tim pelapis kedua tentu medali bukanlah menjadi target utama. Melainkan dengan harapan muncul generasi atlet baru potensial yang bisa menjadi harapan NPC Sumut di even nasional selanjutnya.

“Pada Kejurnas nanti, perolehan medali bukan jadi target utama, karena yang kami kirimkan adalah atlet pelapis kedua. NPC Sumut sudah saatnya butuh generasi atlet dan memberikan kesempatan lebih kepada atlet baru potensial,” ungkap Alan.

Meskipun menurunkan atlet pelapis kedua, bukan berarti Sumut tidak serius menatap Kejurnas tahun ini. Ia bahkan optimis Kejurnas menjadi ajang bagi atlet promosi ke Pelatnas, apalagi selama menjalani latihan rutin, selama ini tim pelatih menilai ada sejumlah atlet yang bisa berbicara di level nasional meski baru tampil perdana.

“Ada kans sejumlah atlet bisa masuk ke Pelatnas. Makanya, kami tidak sembarang mengirim atlet juga. Meski pelapis, tapi selama latihan dia telah melampaui limit nasional. Makanya tidak ada target muluk-muluk,” jelasnya.

Terkait cabang olahraga yang bakal menjadi andalan di Kejurnas, Sumut memang memiliki andalan di Cabor angkat berat, atletik, dan renang. Melalui ketiga Cabor ini diharapkan mampu mengulang kesuksesan di Kejurnas nanti.

“Jangka panjang kita adalah Peparnas di Papua 2020. Jika Sumut ranking tiga di Peparnas 2016, minimal di Papua nanti posisi ini bisa dipertahankan. Mulai sekarang kita terus mengenjot atlet muda kita,” tandasnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar