Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei Umumkan Gantung Raket

Penulis: Reza Perdana

Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei Umumkan Gantung Raket

Lee Chong Wei (Daily Mail)

Kamis, 13 Juni 2019 | 18:42

Analisadaily - Mantan pebulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari bulu tangkis profesional setelah 19 tahun berkarier. Keputusan ini mengejutkan banyak pihak.

"Hari ini semua orang tahu kurang lebih niat saya untuk mengadakan konferensi pers. Saya ingin mengumumkan, saya pensiun dari olahraga setelah 19 tahun," kata pria 36 tahun itu saat konferensi pers di Menara KBS, dilansir dari Asia One, Kamis (13/6).

"Itu keputusan yang sulit untuk dibuat, tetapi saya tidak punya pilihan setelah berkonsultasi dengan dokter di Taiwan baru-baru ini bulan lalu."

"Saya diberi delapan kuesioner untuk menjawab tentang kondisi saya dan hasilnya keluar untuk menunjukkan bahwa saya tidak cocok untuk melakukan kegiatan intensitas tinggi. Jadi tidak cocok bagi saya untuk mengerahkan diri demi kesehatan saya."

"Saya ingin berterima kasih padamu, orang Malaysia."

"Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang KBS, ISN. Saya ingin berterima kasih kepada semua pelatih saya, Datuk Misbun Sidek, Datuk Tey Seu Bock," kata Chong Wei sambil berusaha menahan air mata.

Chong Wei didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli tahun lalu. Setelah perawatan di Taiwan, ia mengumumkan dalam konferensi pers pada bulan November tidak berniat untuk pensiun dan akan memberikan kejayaan Olimpiade terakhir di Tokyo tahun depan.

Chong Wei adalah peraih medali perak tiga kali di Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016. Meskipun ia melanjutkan pelatihan pada awal Januari dan awalnya menargetkan pengembalian kompetitif di All-England pada Maret dan Malaysia Terbuka pada April, rencananya sia-sia.

Dan akhir-akhir ini, latihan singkatnya yang on-off terganggu dan dia tidak terlihat di lapangan bulu tangkis selama enam minggu.

Chong Wei memberikan petunjuk terbesarnya tentang pensiunnya ketika ia menulis pantun Melayu di keinginan Hari Raya-nya di Instagram Rabu, (5/6) lalu.

"Chong Wei dah cuba sedaya upaya; Emas Olimpik tidak terdaya; Kepada semua Selamat Hari Raya; Mohon maaf atas semuanya," tulis Chong Wei di posting.

Selain kehilangan medali emas Olimpiade, Chong Wei sekarang juga akan mundur tanpa gelar juara dunia yang sulit dipahami namanya. Dia selesai runner-up dalam tiga pertandingan kejuaraan dunia di London (2011), Guangzhou (2013) dan Jakarta (2015).

Secara keseluruhan, ia telah mengantongi 69 gelar sepanjang kariernya. Itu termasuk 46 gelar yang mengejutkan di Superseries yang sekarang sudah tidak ada, sirkuit papan atas Badminton World Federation (BWF).

Dia juga menghabiskan 349 minggu, termasuk 199 minggu berturut-turut dari 2008-2012 sebagai nomor 1 dunia. Para penggemar pasti akan kehilangan beberapa keterampilan Chong Wei seperti permainan jaring ketat dan smash lintas lapangan.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar