Pembajakan Siaran Liga Inggris Terancam Pidana

Pembajakan Siaran Liga Inggris Terancam Pidana

Pembajakan siaran Liga Inggris terancam pidana

(rel/rzd)

Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:39

Analisadaily (Medan) - Pelaku pembajakan siaran Liga Inggris di Indonesia akan dijerat hukum pidana, terutama oknum platform penyedia layanan live streaming ilegal. Saat ini pemilik hak siar Liga Inggris di Indonesia adalah Mola TV yang bekerja sama dengan Matrix dan MIX.

COO MIX Network, Bobby Christoffer mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri untuk menindak tegas para pelaku pembajak siaran Liga Inggris di Indonesia secara ilegal. Pihak yang ingin menyiarkan siaran Liga Inggris di Indonesia dengan tujuan kepentingan komersial juga akan ditindak tegas.

"Kami sudah bekerja sama dengan Bareskrim Mabes Polri sejak awal. Ada dua urusan, hak siar dan hak cipta. Komitmen kami dari awal mengajak orang menghargai hak cipta yang sudah dipegang secara eksklusif Mola TV," kata Bobby di Medan, Rabu (14/8).

Disebutkan Bobby, pihaknya telah menyiapkan tim untuk melakukan sweeping ke 10 kota besar di Indonesia, hanya untuk menjaga apa yang menjadi hak Mola TV. Pihaknya berkomitmen untuk menjaga apa yang sudah menjadi hak.

"Kita datang, lihat dan temukan, akan diajak langganan secara komersial. Kalau tidak bisa, kami matikan secara sistem. Kami akan keliling ke 10 kota besar di Indonesia untuk menyosialisasikan tentang keberadaan Mola TV, hak siar Liga Inggris dan cara berlangganan," sebutnya.

Kanit V Subdit IV Tipidter Bareskrim Mabes Polri, AKBP Horas Siringoringo menuturkan, ada beberapa kasus terkait pembajakan hak cipta dan penyiaran yang telah dibawa ke ranah hukum, bahkan sampai ke pengadilan.

"Kalau soal hak cipta dan penyiaran sampai ke pengadilan tetap dijalankan secara profesional. Mendukung usaha TV kabel, tapi dalam menjalankannya harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Itu sudah diatur dalam Undang-Undang Penyiaran dan Hak Cipta," Horas menerangkan.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar