Pertina Sumut Motivasi Atlet Tinju Popnas

Pertina Sumut Motivasi Atlet Tinju Popnas

Latihan atlet tinju.

(aa/rzp)

Minggu, 10 September 2017 | 16:19

Analisadaily (Medan) - Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Pertina Sumut, Romein Manalu, memberikan motivasi kepada atlet tinju pelajar yang akan bertarung di arena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) digelar di Semarang, Jawa Tengah, 10-21 September 2017.

"Kepada para petinju yang berlaga di ring Popnas harus mampu untuk membuktikan diri sebagai petinju terbaik dari daerah lain. Buat harum nama Sumut, karena merupakan daerah yang telah melahirkan banyak petinju, dan telah menorehkan prestasi tingkat nasional maupun internasional," katanya, Minggu (10/9).

Diterangkan, keenam petinju yang bertanding merupakan petinju terbaik pelajar Sumut setelah melewati seleksi yang ketat dan kompetitif. Untuk itu para petinju terpilih mewakili Sumut merupakan cikal bakal dan aset bagi Pertina Sumut ke depan.

"Ayo buktikan diri untuk menuai prestasi dengan semangat juang tinggi dan pantang menyerah untuk menaklukkan lawan sebagai kesatria di dalam dan luar ring. Paling utama kendalikan emosi saat bertanding dan mencari kelemahan lawan," tegas Romein.

Pelatih tinju Sumut, Binsar Simamora mengatakan, jika mampu mewujudkan target satu emas saja, itu berarti sudah lebih baik dari Popnas sebelumnya.

"Kami tahun ini target medali emas ada, tapi belum tahu berapa. Yang penting minimal satu emas itu udah jauh lebih baik dari Popnas sebelumnya (2015). Saya yakin dengan persiapan tahun ini yang jauh lebih baik, target itu mudah-mudahan bisa diraih," ucapnya.

Binsar mengklaim jika persiapan di Popnas kali ini memang jauh lebih baik dari sebelumnya, mulai dari persiapan umum, proses seleksi, hingga waktu pelatda penuh, sudah sesuai dengan program yang mereka susun.

"Peluang medali emas melalui petinju putra memang sangat besar. Tapi, kalau putri sangat berat karena banyak saingan khususnya dari atlet yang baru saja berlaga di ASEAN school dan kejurnas. Tapi, kalau mereka bisa jaga kondisi fisik betul, mudah-mudahan bisa bersaing untuk meraih prestasi," sebutnya.

Sebelum berangkat ke Popnas, para petinju pelajar Sumut terus memantapkan persiapan dengan menjalani latihan maksimal tiga kali sehari, mulai dari latihan teknik, fisik, serta strategi bertanding.

"Fokus tentunya latihan pemantapan teknik dan strategi sampai menjelang keberangkatan dengan intensitas tinggi sekitar 1 hingga 1,5 jam. Termasuk menambah speed, kelincahan, dan ketangkasan," tandasnya.

(aa/rzp)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar