Piala Dunia 2018: Wasit Berhak Hentikan Pertandingan Jika Ada Insiden Rasis

Penulis: Reza Perdana

Piala Dunia 2018: Wasit Berhak Hentikan Pertandingan Jika Ada Insiden Rasis

Trofi Piala Dunia (Int/Daily Mail)

Kamis, 7 Juni 2018 | 14:52

Analisadaily - Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan, wasit memiliki hak untuk menghentikan suatu pertandingan di Piala Dunia 2018 jika ada insiden rasisme, seperti dilansir dari Sports Mole, Kamis (7/6).

Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun ini, dan ada kekhawatiran tentang bagaimana pendukung diperlakukan karena masalah sejalah penyalahgunaan rasial dalam sepak bola di negara ini.

Bek Inggris, Danny Rose mengungkapkan, awal pekan ini keluarganya tidak akan melakukan perjalanan ke Rusia, karena kekhawatiran mereka akan menjadi sasaran pelecehan.

Namun, Infantino menekankan, ada langkah-langkah di tempat yang seharusnya terjadi selama pertandingan dan telah memperingatkan konsekuensi serius jika ada masalah seperti itu.

"Saya tidak akan mengatakan kami prihatin tentang diskriminasi, hak asasi manusia dan keamanan, tetapi kami menganggap mereka sangat serius," kata pria berusia 48 tahun itu kepada Sky Sports News.

"Kami telah mengambil langkah yang tepat dalam proses persiapan."

"Kami akan memiliki prosedur yang jelas, termasuk proses tiga langkah untuk wasit yang dapat menghentikan, menangguhkan atau bahkan meninggalkan pertandingan dalam kasus diskriminasi. Kami memiliki sistem pemantauan, dan kemudian sanksi langsung jika sesuatu terjadi."

"Kami jelas berharap itu tidak terjadi, dan semua orang telah diperingatkan bahwa jika itu terjadi akan ada konsekuensi serius," tegasnya.

Badan sepak bola dunia mendenda serikat sepak bola Rusia sebesar 22.000 Pounds untuk nyanyian rasis yang ditujukan pada pemain Prancis selama pertandingan pada bulan Maret.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar