Suporter Bertindak Rasis, Presiden Asosiasi Sepakbola Bulgaria Mundur

Penulis: Eka Azwin Lubis

Suporter Bertindak Rasis, Presiden Asosiasi Sepakbola Bulgaria Mundur

Petugas keamanan menenangkan penonton di Stadion Vasil Levski

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:00

Analisadaily - UEFA akan mendalami sejumlah insiden yang terjadi pada kualifikasi Piala Euro 2020 antara Bulgaria melawan Inggris di Stadion Vasil Levski, Sofia, Senin (14/10) kemarin.

Asosiasi Sepakbola Bulgaria (BFU) terancam sanksi atas perlakuan rasis, pelemparan hingga upaya mengganggu lagu kebangsaan yang dilakukan pendukung tuan rumah.

Sementara Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) juga terancam sanksi karena suporter The Three Lions ikut mengganggu timnas Bulgaria ketika menyanyikan lagu kebangsaannya.

Menurut pernyataan UEFA, kasus ini akan ditangani oleh badan kedisiplinan, kontrol dan etika. Namun jadwal penyelidikan belum dikonfirmasi.

Seorang juru bicara FA mengatakan: "Kami mengakui tuduhan itu, tetapi tidak akan berkomentar lebih lanjut karena proses ini sedang berlangsung."

Sementara Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mendesak seluruh tifosi sepakbola agar menyatakan diri perang melawan rasisme.

Ceferin menyayangkan sikap nasionalisme justru memicu tindakan rasisme terhadap pihak lawan. Pihaknya berkomitmen untuk memberantas 'penyakit' tersebut.

"Percayalah, UEFA berkomitmen akan melakukan apa saja untuk menghilangkan penyakit ini dari sepakbola," tegas Ceferin, dilansir dari SportMole, Rabu (16/10).

"Kami tidak bisa puas dengan ini, kami harus selalu berusaha untuk memperkuat tekad kami," sebutnya.

Selang beberapa menit usai Ceferin menyatakan sikapnya, BFU mengumumkan pengunduran diri presidennya, Borislav Mihaylov.

(bloomberg)

Presiden BFU, Borislav Mihaylov (bloomberg)

Mihaylov yang menjabat sebagai Presiden BFU sejak Maret 2011 menyatakan pengunduran diri ini sebagai bentuk tanggung jawabnya atas insiden yang terjadi dalam laga melawan Inggris.

"Posisinya adalah konsekuensi dari ketegangan baru-baru ini yang merugikan sepakbola Bulgaria dan Persatuan Sepakbola Bulgaria," bunyi pernyataan BFU.

"Setelah bertahun-tahun dihabiskan (sebagai Presiden BFU) dan dengan banyak kenalannya di tingkat internasional, Mihaylov menyatakan kesiapannya untuk terus membantu pengembangan sepakbola Bulgaria dengan segala cara."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar