Tuan Rumah PON 2024, Sumut-Aceh Sudah Kumpulan 70 Persen Dukungan

Tuan Rumah PON 2024, Sumut-Aceh Sudah Kumpulan 70 Persen Dukungan

Foto bersama pengurus KONI Sumut dan KONI Aceh

(aa/eal)

Rabu, 6 Desember 2017 | 21:59

Analisadaily (Medan) - Provinsi Sumatera Utara dan Aceh kian memantapkan langkah sebagai tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Optimisme pun semakin menguat seiring mengalirnya dukungan dari KONI Provinsi Se-Indonesia. 

"Alhamdulillah saat ini Aceh-Sumut sudah mengumpulkan 21 surat dukungan (70 persen) dari KONI provinsi di tanah air," jelas Ketua Umum KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis, melalui Sekum via seluler, Chairul Azmi Hutasuhut, Rabu (6/12).

Menurutnya, Tim Pemenangan Aceh-Sumut sejak Selasa (5/12) hingga Jumat (8/12) bergerak ke Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi untuk mengumpulkan surat dukungan menjadi tuan rumah PON 2024.

Tim yang terdiri dari perwakilan Aceh dan Sumut itu dibagi menjadi tiga. Tim pertama dipimpin Ketua Umum KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis bersama Kadisporasu, Baharuddin Siagian, dan Wakil Ketua KONI Aceh berkunjung ke Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Kemudian tim kedua terdiri dari Wakil Ketua II KONI Sumut Sakiruddin, Sekum Chairul Azmi Hutasuhut bersama Wakil Ketua VI KONI Aceh Faisal Syaefuddin, Wakil Bendahara Bardan Sahidi dan Binpres Andre menuju Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan tim ketiga terdiri atas Wakil Ketua I KONI Sumut, Agung Sunarno, Kabid Binpres Mesnan dan Wakil Ketua KONI Aceh, Abu Razak serta Rayuan Sukma bertandang ke Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Chairul bersyukur, kehadiran tim pemenangan ini bukan saja mendapat sambutan hangat dari pengurus harian maupun perwakilan pemerintah provinsi yang mereka kunjungi, tapi juga membawa pulang surat dukungan.

"Dalam kunjungan pertama Rabu kemarin, ketiga tim membawa pulang surat dukungan dari Sulawesi Utara,  Sulawesi Selatan dan Kalimantan Utara. Kamis Besok ketiga tim tinggal menjemput surat dukungan dari Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur yang memang sudah mereka janjikan," ujarnya.

Jika dukungan tersebut sudah terkumpul hingga Kamis (7/12), berarti Aceh-Sumut sudah mengumpulkan 21 dari 33 surat dukungan yang ada.

Adapun dukungan yang diperoleh Aceh-Sumut dari Pulau Sumatera sebanyak 8 (Aceh, Sumut,  Riau, Jambi, Babel, Sumsel, Bengkulu dan Lampung),  Pulau Jawa 5 (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Jawa Timur). Kemudian Sulawesi 5 (Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah) serta kalimantan 3 (Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat).

Jumlah dukungan tersebut, kata Chairul masih akan terus bertambah sebab Sulawesi Barat, Papua dan Papua Barat berjanji akan memberikannya atau tinggal menjemputnya saja.

Chairul membenarkan semakin banyaknya dukungan untuk Aceh-Sumut kian menambah optimis pihaknya bisa memenangkan bidding PON 2024 yang akan dilaksanakan Februari atau Maret 2018 mendatang.

Selain Aceh-Sumut, sejumlah provinsi lain juga mendaftar menjadi tuan rumah PON 2024 yakni Bali-NTB jadi tuan rumah bersama, serta Sumatera Barat dan Kalimantan Selatan jadi tuan rumah tunggal.

(aa/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar