Tuan Rumah PON Harus Diimbangi dengan Prestasi

Tuan Rumah PON Harus Diimbangi dengan Prestasi

Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI), Sumut Rajamin Sirait.

(aa/rzd)

Selasa, 13 Maret 2018 | 12:36

Analisadaily (Medan) - Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh saat ini sedang berjuang untuk menjadi tuan rumah bersama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Keinginan dan niat baik Sumut menjadi tuan rumah patut diapresiasi. Sebab, terakhir kali Sumut menjadi tuan rumah saat PON III pada tahun 1953 silam.

Wajar jika provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 14 juta jiwa ini ingin kembali mencalonkan diri menjadi tuan rumah PON, setelah pada biding 2014 lalu kalah bersaing dengan Papua untuk tuan rumah PON 2020.

Jika nantinya misi Sumut menjadi tuan rumah PON 2024 berhasil, sepatutnya juga harus diimbangi dengan prestasi. Keberhasilan tuan rumah dinilai sempurna, dengan sukses sebagai pelaksana dan sukses prestasi.

Hal itu dikatakan Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI), Sumut Rajamin Sirait. Jika nantinya Sumut terpilih jadi tuan rumah PON 2024, ia berharap tidak hanya mengedepankan sukses sebagai penyelenggara, namun juga harus sukses prestasi.

"PON 2024 masih panjang. Kita harapkan jangan hanya terpilih jadi tuan rumah, tapi harus juga bisa jadi juara. Makanya dari sekarang kita persiapkan semuanya itu," katanya di Medan, Selasa (13/3).

Di satu sisi, menjadi tuan rumah menguntungkan banyak hal. Mulai dari bidang ekonomi, pariwisata, terlebih bidang olahraga. Jika ditunjuk menjadi tuan rumah, tentu pembangunan venue cabang olahraga berstandar internasional tidak diragukan lagi.

Tentu menjadi motivasi dan modal bagus bagi para patriot olahraga di Sumut bersaing dan menjadi yang terbaik di even nasional.

"Venue-venue yang telah kita siapkan tidak kalah dengan daerah lain. Mungkin keberhasilan menjadi tuan rumah bisa menjadi membangkitkan bidang pariwisata. Karena tuan rumah juga ajang promosi-promosi. Maka kita harapkan seluruh stakeholder di Sumut mendukung ini," ucapnya.

Saat ini PGSI Sumut terus mempersiapkan para atletnya di seluruh daerah untuk dipersiapkan menuju PON 2020. Bahkan pada tahun 2018 ini, ada even Porwilsu dan Porprovsu sekaligus ajang seleksi mencari bibit-bibit pegulat andal bagi Sumut di even nasional.

"Kita harapkan gulat ini dengan sarana-sarana yang diberikan pemerintah provinsi bisa lebih berhasil lagi. Seperti kemarin berhasil meraih 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Kita harapkan PON 2020 dan 2024, bisa menjadi kekuatan besar olahraga Sumut jauh lebih baik lagi," tandasnya.

(aa/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar